Minggu, 25 Desember 2011

Prefetch Folder

Mana Yang Benar?

Beberapa menit yang lalu saya baru berselancar di dunia maya (cieilah...) dan menemukan sebuah tips. Katanya, untuk mempercepat loading windows, hapus semua file yang ada di C:\Windows\prefetch. Awalnya sih, saya sudah tertarik. Tapi karena sifat saya yang ragu-ragu, penakut, sekaligus berhati-hati, saya gak berani coba dulu sebelum cari info sebanyak-banyaknya.
Kutipan tips yang saya dapat
...klik Start | Run, ketik C:\Windows\prefetch. Hapus semua file yang terdapat di folder tersebut... File-file dalam folder ini tidak ada gunanya bagi anda dan juga membuat komputer anda menjadi lambat, karenanya babat habis saja untuk menghemat ruang hard disk anda... Lakukan penghapusan pada folder ini sesering mungkin.
Kesana-kemari nanya-nanya mbah gugel soal "apa itu prefetch?", menyusuri laman-laman berbahasa alien (baca:inggris dan sebangsanya), numpang lewat web yang pengetiknya kekenyangan makan buku istilah komputer, saya akhirnya menemukan web yang isinya sangat amat jauh banget sekali bertentangan dengan tips tersebut. Isinya sih mengatakan kalo untuk mempercepat loading windows adalah jangan menghapus isi folder prefetch.

Kutipan yang saya dapat
Agar Windows-mu cepat, JANGAN hapus isi folder Prefetch!!!
Banyak tip beredar di Internet bahwa folder Prefetch sebaiknya dihapus.
Semua tip ini adalah salah ! ! !
Prefetch bukanlah cache.
Gimana coba? Galau gitu. Saya yang ga suka ambil resiko akhirnya membiarkan semua mengalir apa adanya. Iya, folder yang tadinya mau saya renggut ketenangannya akhirnya menghembuskan nafas lega karena ga jadi saya apa-apakan. Lagian loading selama ini ga lama-lama banget kok, agak slow aja. hehehe. Mau tahu lebih lanjut tentang apa itu prefetch (susah amat ngetiknya!) folder? Berikut uraiannya:



Folder prefetch berisi file-file .pf yang merupakan trace
files. Trace files ini mencatat file-file apa saja yang dibutuhkan saat booting atau start aplikasi dan bagian mana saja dari file tersebut yang perlu di-load ke memory.

Loading hanya terjadi saat booting atau aplikasi di start. Dan yang di-load hanya file-file yang dibutuhkan oleh booting atau aplikasi tersebut. File-file yang dibutuhkan aplikasi lain tapi tidak dibutuhkan oleh aplikasi tersebut tidak akan di load.

Microsoft Windows XP menyisipkan komponen Prefetch. Prefetch adalah fitur pada Windows XP dan Windows Server 2003 yang berfungsi meningkatkan kinerja pada saat booting dan starting sebuah aplikasi. Dengan sudah adanya file Prefetch, ini berarti Windows tidak lagi membutuhkan sebuah referensi untuk program agar dapat muncul.

Prefetch folder memiliki maksimum 128 trace file. Secara otomatis Windows akan menghapus trace file paling tua jika sudah tidak dibutuhkan. Mengosongkan folder Prefetch akan membuat komputer Anda lambat sampai Windows kembali mengumpulkan kembali semua informasi Prefetch, dan ini membutuhkan waktu yang lama dan lambat.

Prefetch sama sekali tidak menggunakan memori. Prefetch tidak emperlambat komputer anda, justru mempercepatnya. Jika sudah terlanjur dihapus, tidak menjadikan windows rusak.

Itulah sebatas yang saya ketahui...


1 komentar:

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates