Minggu, 25 Desember 2011

Gloomy Sunday

Si Lagu Pembunuh

Gloomy Sunday

Sunday is gloomy, my hours
are slumberers
Dearest the shadows I live with
are numberless
Little white flowers will
Never awaken you
Not where the black coach
Of sorrow has taken you
Angel have no thought of ever returning you
Would they be angry if
I thought of joining you?

Gloomy Sunday

Gloomy is Sunday, with shadows
I spend it all
My heart and i
Have decide to end it all
Soon there’ll be candles
And prayer that are sad I know
Let them not weep
Let them know
That I’m glad to go
Death is no dream
For in death I’m caressing you
With the last soul of my soul
I’ll be blessing you

Gloomy Sunday

Dreaming, I was only dreaming
I wake and I find you asleep
In the deep of my heart, here
Darling, I hope that my dream
Never haunted you
My heart is telling you
How much I wanted you

Gloomy Sunday

In Indonesian:
via google translate, sederet.com, editan sendiri

Minggu Suram

Minggu suram, jam saya tertidur
Bayangan tersayang saya tinggal dengan sedikit
Bunga putih kecil
Takkan pernah membangunkan Anda
Tidak juga pelatih hitam
Kesedihan telah mengambil Anda
Malaikat tidak pernah berpikir untuk mengembalikan Anda
Apakah mereka akan marah jika
Aku ingin bergabung dengan Anda?

Minggu suram

Minggu suram yang sama, dengan bayang-bayang
Saya menghabiskan semuanya
Jantungku dan saya
Telah memutuskan untuk mengakhiri semuanya
Segera akan ada lilin
Dan doa yang sedih saya tahu
Biarkan mereka tidak menangis
Biarkan mereka tahu
Bahwa aku senang pergi
Kematian adalah mimpi
Untuk kematian Aku membelai Anda
Dengan jiwa terakhir dari jiwa saya
Aku akan memberkati kamu

Minggu suram

Bermimpi, aku hanya bermimpi
Saya bangun dan saya menemukan Anda tertidur
Di dalam hati saya, di sini
Sayang, saya berharap bahwa mimpi saya
Pernah menghantui Anda
Hati saya kepada Anda
Betapa aku ingin kau

Minggu
suram
Sepintas dilihat dari liriknya, kayaknya lagu ini biasa saja, bikinan orang galau. Namun, siapa sangka lagu ini ternyata telah menelan banyak korban. Korban-korbannya diceritakan meninggal setelah mendengar lagu ini. Bahkan pencipta lagu ini juga meninggal karena bunuh diri. Karena itu lagu ini disebut lagu suicide.

Lagu ciptaan seorang pianis sekaligus komposer asal hungaria bernama Rezs Seress ini menyiratkan keputus asaan. Coba deh baca ulang lirik di atas dan hayati (jangan kebanyakan, nanti bisa..... ikut bunuh diri). Bener kan, terasa keputusasaan dan sedikit merinding?

Lagu itu diangkat dari puisi Lazlo Javor, seorang pujangga. Lagu ini berlatar belakang seorang penyanyi yang mati akibat depresi karena kematian kekasihnya lalu bunuh diri. Setelah lagu itu dirillis, Rezs sang pengarang meninggal dengan melompat dari apartemennya.

Sebelum meninggal, Resz mengungkapkan bahwa lagu yang sempat menjadi hits ini mewakilkan kepedihan hatinya karena entah mengapa dia tahu bahwa dia tidak akan pernah lagi membuat hits kedua. Lagu itu sudah menambah keputusasaannya tentang hidup.

Semenjak awal di ciptakannya lagu itu, banyak kasus bunuh diri. Termasuk saat Billie Holiday menyanyikannya. Gloomy Sunday menjadi hits dan diputar di berbagai stasiun radio. Saat lagu ini diputar, tercatat angka bunuh diri meningkat pesat. Bahkan Billie Mackenzie, vokalis band The Associate yang mengcover lagu Gloomy Sunday mengakhiri hidupnya di rumah ayahnya di Dundee. BBC Inggris akhirnya mengeluarkan ultimatum bagi stasiun radio untuk tidak mengkumandangkan lagu tersebut secara umum. Dan Gloomy Sunday menjadi sebuah legenda.

"Gloomy Sunday
Will kill you
If just
You believe"


Dari berbagai sumber di google.

0 komentar:

Posting Komentar

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates