Rabu, 28 Desember 2011

Ames Room (Ruangan Ames)

Ruangan Ames, Ilusi dan Perspektif

Coba deh lihat gambar dibawah ini:



Apakah tampaknya orang di sebelah kanan lebih besar dari orang di sebalah kiri???
Kalau ya, berarti perspektif anda telah dikacaukan oleh Ames Room ini!! (hahaha... :D) Padahal, sebenarnya kedua orang-orangan kertas itu sama besar loh (malah pas bikin saya jiplak). Ini buktinya:





Ruangan Ames yang saya buat ini sangat-sangat-sangat-sangat-sangat-sangat-sangat sederhana. Ya iya lah, wong saya bikinnya pake kertas iklan yang belakangnya putih (keliatan ga?). Saya membuatnya karena lagi gak ada kerjaan dan terinspirasi dari film Temple Grandin. Karena penasaran, coba-coba bikin deh.

Ruang
Ames adalah sebuah ruangan terdistorsi yang digunakan untuk menciptakan ilusi optik. Ruangan ini ditemukan oleh seorang dokter mata Amerika, Adelbert Ames, pada tahun 1934.
Ruang Ames dibangun sedemikian rupa sehingga dari depan tampaknya seperti sebuah ruang berbentuk kubus biasa, dengan dinding belakang dan dua dinding sisi sejajar satu sama lain dan tegak lurus ke lantai dan langit-langit horizontal. Namun, ini hanyalah perspektif pengamat. Bentuk sebenarnya dari ruangan adalah trapesium: dinding dan langit-langitnya miring sementara lantainya menanjak, bisa lebih tinggi di sebelah kanan ataupun kiri.


Tanpa penutup (lantainnya miring!)




Tampak dari atas (ga nyangka ya?)

Hasilnya, ilusi optik yang mengelabui mata pengamat. Tampaklah orang yang berdiri di salah satu sudut pengamat tampaknya menjadi raksasa, sementara orang yang berdiri di sudut lain tampak kerdil. Ilusi ini sangat meyakinkan bahwa orang yang berjalan bolak-balik dari pojok kiri ke pojok kanan muncul untuk tumbuh atau menyusut. Penelitian menunjukkan bahwa ilusi dapat dibuat tanpa menggunakan dinding dan langit-langit, itu sudah cukup untuk membuat cakrawala jelas (yang pada kenyataannya tidak horisontal) terhadap latar belakang yang sesuai, dan mata bergantung pada ketinggian relatif jelas dari sebuah objek di atas cakrawala itu.


So, this is it!
Mau gambar penjelasan ilmiah yang lebih jelas? Gini loh maksudku:

Mau coba-coba bikin? Ini polanya:

Yang tanda 'x' di bolongin ya... (jendela, lubang ngintip, atap) terus coba masukin 2 benda yang sama besar (nggak juga gak papa sih), satu di pojok kanan dan satu di pojok kiri, terus intip dari lubang...
Kira-kira kayak gini hasilnya:



Ok, semoga bermanfaat...


--UPDATED--

Kemaren iseng-iseng bikin lagi dan ini hasilnya!! :D




0 komentar:

Posting Komentar

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates