Sabtu, 05 Januari 2013

Cara Membuat Jam Analog Animasi Dengan Flash 8

Halo! Menyadari ada yang berubah dari blog ini? Ya, ada widget baru yaitu jam analog flash (swf) di tepi kanan. Silakan diintip :)

Nah, mau buat juga? Tentunya lebih orisinal dan tanpa iklan! Modalnya, cuma flash. Yang saya pakai disini Marcromedia Flash Professional 8. Ya, sekarang emang flash udah dibeli sama adobe sehingga jadi adobe flash, tapi katanya sih isinya mirip-mirip, malah sama. Jadi, dicoba aja ya ;)

Ok, langkah-langkahnya

1. Buat dulu badan jamnya dan save dalam bentuk jpg atau jpeg. boleh buat pake paint, photoshop, coreldraw, atau minjem dari mbah google. Badan jam itu loh, yang bulet dan ada angka-angkanya. Kalau minta dari mbah google, gambar jarumnya di hapus ya, biar nggak ganggu.

2. Buka flash. Kalau belum punya, bisa instal dari situs resminya (tanya mbah google). Pilih create new flash document.


3. Masukkan badan jam dengan cara file, import, import to stage

4. Buat tiga garis dengan line tool dan satu lingkaran dengan oval tool. Garis harus berbeda ketebalan dan warna karena akan menunjukan jam, menit, dan detik


5. Klik kanan pada garis detik, pilih convert to symbol. Ubah namanya jadi d, type nya movie clip, dan titik registrationnya di bawah. Lakukan untuk ketiga garis dan lingkaran. Namenya diganti juga gak apa-apa, yang penting type dan registrationnya.


6. Klik salah satu jarum, lalu lihat bagian properties yang ada di bawah. nah, pada kolom Instance Name, isi detik untuk jarum detik, menit untuk jarum menit, dan jam untuk jarum jam. Ini penting agar scriptnya cocok. Jangan diubah namanya.


7. Klik kanan pada badan jam, pilih arrange, send to back. Klik kanan pada lingkaran, pilih arrange, bring to front. Susun ketiga garis dan lingkaran pada badan jam seperti gambar dibawah.
8. Klik tab action yang ada di bawah atau bisa juga tekan f9 atau windows, action. Lalu paste kode dibawah ini:


onEnterFrame = function () {
                waktu = new Date();
                jam = waktu.getHours();
                menit = waktu.getMinutes();
                detik = waktu.getSeconds();
                if (jam>12) {
                                jam -= 12;
                }
                jam._rotation = jam*30+(menit/2);
                menit._rotation = menit*6;
                detik._rotation = detik*6;
};



9. Sudah? Coba tekan ctrl + enter, lihat hasilnya B) Gimana? Jalan gak? Semoga jalan ya! Nah, mau jam dalam format .swf? Pertama, save dulu jam seperti biasa, file, save as. Lalu pilih file, publish settings atau ctrl+shift+f12. Lalu centang yang .swf, publish deh.

Oh ya, kalau ada yang mau iseng download jam di samping *ngarep.com, mo jadi wallpaper hp mungkin (bisa loh! Pixelatenya udah disesuaiin dan sudah diuji coba di Nokia 5130 c-2 express music) bisa download di sini: http://www.mediafire.com/?g84ga3wdxoq77mc

Sekian dulu, semoga berhasil ya! :D

2 komentar:

  1. kalau sudah mengikuti langkah2nya, di simpan dulu dengan format .swf (caranya ada di atas) lalu coba di buka file .swf itu.. :)

    BalasHapus

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates