Sabtu, 21 Desember 2013

Pilihan Cerdas untuk Memulai Hari

Sarapan adalah makanan yang disantap di pagi hari. Walau sering disepelekan, sarapan itu sebenarnya penting untuk tubuh. Dengan sarapan, metabolisme tubuh akan terpancing untuk berlangsung lebih cepat setelah melambat di malam hari sehingga Anda akan mendapatkan energi untuk beraktivitas sehari-hari hingga tiba waktunya makan siang. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi saat sarapan haruslah berkualitas yaitu mengandung karbohidrat, protein, dan serat yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.



Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diajurkan untuk sarapan sehingga tubuh dapat mencernanya perlahan-lahan dan tidak menimbulkan lonjakan gula darah. Dengan karbohidrat, tubuh tidak menjadi lemas dan tetap bertenaga. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain oatmeal atau roti gandum.

Selain karbohidrat, protein rendah lemak juga penting untuk membuat perut merasa kenyang lebih lama. Protein yang bisa Anda konsumsi di pagi hari antara lain telur rebus, sereal, tahu, tempe, keju rendah lemak, dan kacang-kacangan.

Serat dan vitamin dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Jus asli kombinasi buah dan sayur di pagi hari akan melancarkan pencernaan, menjaga tubuh lebuh bugar, dan kulit selalu segar. Buah asli yang langsung dimakan lebih baik lagi. Roti gandum, nasi merah, sereal gandum, dan oatmeal juga merupakan sumber serat yang baik.



Jika Anda tidak sempat menyiapkan sarapan, susu merupakan pilihan terbaik sebab susu mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral sekaligus. Susu rendah lemak merupakan pilihan cerdas untuk memulai hari. Kombinasikan sengan sereal gandum rendah gula atau sebutir telur rebus.

Penulis pribadi tidak pernah melewatkan sarapan. Menu sarapan yang paling sering penulis konsumsi adalah sebutir telur rebus dan segelas susu. Menu lain yang patut Anda praktekan adalah setangkup roti gandum dengan selai kacang atau keju rendah lemak yang memenuhi kebutuhan serat, protein, dan karbohidrat Anda. Bisa juga omelet dengan irisan tomat dan bayam. Sepiring nasi merah plus sebutir telur rebus dengan irisan tomat dan selada juga dapat dijadikan alternatif.



Akhirnya, variasikan sarapan agar Anda tidak jenuh. Bentuk-bentuk yang unik dan warna-warni yang menarik juga dapat menambah selera makan. Namun, tetap perhatikan kandungan gizinya. Terakhir, tutup sarapan Anda dengan segelas air putih untuk membersihkan mulut sekaligus menetralisir pH dalam mulut. Ingat, Anda harus minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Akhir kata, penulis ucapkan selamat pekan sarapan nasional! Bon Appetit!
 

0 komentar:

Posting Komentar

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates