Jumat, 19 Juli 2013

Kristik, Seni Melukis dengan Benang

Kristik. Mungkin kata ini terdengar asing di telinga teman-teman. Ya, kristik atau yang dapat juga disebut sebagai kruistik saat ini memang tengah tenggelam di tengah hiruk pikuknya dunia. Kristik (dalam bahasa inggris: cross stitch) merupakan seni melukis di atas sehelai kain dengan menggunakan benang wol sebagai 'cat' nya. Kedengarannya unik, bukan?

Kain yang digunakan untuk mengkristik merupakan kain khusus yang bernama kain aida. Selain kain aida, kain strimin dan kain linen juga dapat dijadikan untuk mengkristik. Kain-kain tersebut memiliki lubang yang membentuk kotak-kotak. Dengan adanya lubang-lubang ini, benang wol menjadi lebih mudah masuk dan kotak-kotak tersebut dapat dihitung sehingga hasil kristik lebih rapi dan sesuai pola.



Saya sendiri baru mengenal kristik sekitar tiga tahun yang lalu. Kala itu, saya tengah membongkar gudang untuk mencari koran lama demi kepentingan tugas sekolah. Tiba-tiba, ada secarik kain berwarna biru laut yang menyembul dari sebuah kantung plastik. Setelah diamati, ternyata kain tersebut sudah 'dilukis' separuhnya dengan kristik. Ternyata, kristik tersebut merupakan buatan mama saya. Lukisan bayi tidur berambut kecoklatan tersebut sungguh menarik minat saya. 



Silang, silang, silang, begitu terus menerus. Lukisan kristik dibuat dengan cara menyilang benang wol berwarna sesuai dengan kotak-kotak yang ada di pola. Dengan penuh semangat saya melanjutkan nafas kristik tersebut hingga akhirnya selesai. Namun, karena masih pemula dan belum memahami sepenuhnya tentang kristik, hasil kristik yang saya lanjutkan kurang memuaskan karena benang wolnya terlalu tertarik.


Pengalaman mengkristik untuk pertama kalinya membuat saya ketagihan. Namun, tidak tersedianya alat dan bahan membuat saya terpaksa mengurungkan niat saya. Eh tak disangka, saya bertemu lagi dengan kit lukisan kain ini di sebuah toko. Saya membelinya untuk sekadar mengisi waktu luang dikala liburan sekolah. Ini dia hasilnya:

 setengah jadi

yang cewe lucu!

 dibingkai (tapi lecek :p)

 dengan angle

finish!

0 komentar:

Posting Komentar

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates