Kamis, 11 Oktober 2012

Menara Hanoi, Game Asah Otak Berbau Matematika



Sudah tahu belum apa itu menara hanoi? Menara Hanoi adalah sebuah permainan yang terdiri dari tiga tiang dan dan beberapa piringan/cakram yang berlubang ditengahnya sehingga dapat dimasukkan ke tiang-tiang yang tersedia. Teka-teki ini ditemukan Édouard Lucas, ahli matematika Perancis di tahun 1883. Ukuran dari masing-masing cakram berbeda-beda, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Jumlah cakram dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang diinginkan namun lazimnya permainan ini terdiri dari 3-5 cakram. Ada sebuah legenda tentang candi Indian yang berisi ruang besar dengan tiga tiang yang dikelilingi 64 cakram emas. Pendeta Brahma, melaksanakan tugas dari peramal di masa lalu, sesuai dengan aturan teka-teki ini. Menurut legenda ini, bila teka-teki ini diselesaikan, dunia akan kiamat. Tidak jelas benar apakah Lucas menemukan legenda ini atau terinspirasi olehnya. Bila legenda ini benar, dan pendeta itu bisa memindahkan satu cakram tiap detik, menggunakan pemindahan paling sedikit, maka akan memakan waktu 264−1 detik atau kurang lebih 584,582 milyar tahun. Awalnya, cakram-cakram tersebut tersusun rapi di tiang pertama mulai dari yang paling besar di bawah dan paling kecil di atas. Tujuan dari permainan ini adalah memindahkan cakram satu persatu dari tiang pertama ke tiang ketiga dan hasil akhirnya harus terurut, dari yang paling besar di bawah hingga yang paling kecil diatas. Namun, ada beberapa aturan antara lain hanya boleh memindahkan cakram satu persatu, tidak boleh dua atau tiga sekaligus,cakram yang dapat dipindahkan hanya satu cakram teratas,  dan cakram yang lebih besar tidak boleh diletakkan di cakram  yang lebih kecil.

Game ini menyinggung juga matematika yakni tentang algoritma rekrusifitas yaitu algoritma yang memanggil dirinya sendiri. Agak rumit penjelasannya ya pemirsa, jadi maaf, belum dapat 'ditelan' banget oleh saya.. Bahasa pemrograman tingkat tinggi! yang saya tau baru visual basic, pascal, dan delphi.

Berikut ilustrasi kunci jawaban untuk menara dengan tiga piringan:



Yang ini dengan empat piringan:

Keliatan kan? Kalo ga keliatan bisa di klik gambarnya..

Gimana? masih bingung? Bisa langsung dicoba disini:

http://www.sheppardsoftware.com/braingames/tower/tower.htm

Disana, dapat diatur mau berapa piringan dan juga ada timernya serta penghitung jumlah gerakan memindah yang telah dibuat.
 

1 komentar:

  1. uwaaa kangen :") ternyata akhirnya saya mempelajari juga apa yang dulu saya sebut sebagai "bahasa pemrograman tingkat tinggi" itu. Seru juga :p

    BalasHapus

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates