Minggu, 14 Oktober 2012

Cegah Freezer Burn Pada Makanan!

Kita memang biasa menyimpan makanan di kulkas untuk membuatnya lebih tahan lama. Daging, ikan, dan makanan lainnya biasa di simpan di freezer kulkas. Namun, lama kelamaan, kok dagingnya berubah warna menjadi abu-abu ya? Lalu, dagingnya diselimuti kristal es lagi!


Hal itulah yang disebut dengan Freezer Burn. Freezer burn dapat terjadi karena molekul air yang terkandung di daging mencari tempat yang lebih nyaman baginya, yaitu tempat yang paling dingin di kulkas yaitu dinding kulkas atau dinding wadah penyimpanan. Daging kehilangan kandungan air dan menjadi dehidrasi. Hal ini terjadi karena makanan tidak dibungkus dengan rapat sehingga molekul air dapat keluar. Saat molekul air keluar, oksigen masuk dan merubah warda daging. Daging yang berubah warna tetap aman dimakan, namun rasanya tidak seenak dulu. Tanda terbakar (burn) mudah dikenali; makanan terlihat terlalu dingin dengan tampilan kurang cantik dan berwarna abu-abu.

Untuk menghindari freezer burn, perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pakailah wadah yang bertutup rapat dan tutuplah dengan benar. Hal meminimalkan aliran udara keluar-masuk dan mencegah molekul air keluar.

2. Bekukan makanan sedikit-sedikit (porsi kecil) sehingga makanan lebih cepat membeku. Misalnya, satu panci sop di pisah menjadi dalam kotak-kotak kecil, daging 1 kg di potong menjadi 200 gr dan dipisahkan dalam wadah berbeda.

3. Keluarkan kelebihan udara di wadah, kalau bisa gunakan wadah kedap udara. Usahakan mengisikan wadah penuh dengan makanan sehingga tidak ada rongga udara, kecuali jika yang disimpan makanan cair seperti sup, saus, atau makanan berkuah. Sisakan sedikit ruang agar wadah tidak pecah saat cairan memuai (ingat anomali air! Volume cairan bertambah saat dibekukan).

4. Dinginkan makanan sebelum dibekukan, jangan makanan baru matang atau air sop mendidih langsung dimasukkan ke freezer. Sisakan ruang di sekeliling wadah agar udara dingin dari lemari pembeku bisa langsung menyelimuti wadah. Dengan cara ini, makanan akan cepat beku tanpa mengurangi rasa selama proses pembekuan. Setelah membeku, barulah bisa ditumpuk.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates