Kamis, 28 November 2013

Connect Wifi Lewat Command Prompt

Command prompt atau yang biasa disebut cmd merupakan sebuah perintah dos yang terdapat pada OS windows yang memungkinkan penggunanya 'memerintah komputer' lewat baris kode. Bagi pengguna biasa, penggunaan cmd.exe tidak terlalu diutamakan karena sudah ada interface yang lebih user friendly sehingga tidak perlu repot memasukan baris kode sendiri.

Nah, walau jarang dipakai, command prompt ini sebenarnya penting loh! Apalagi kala interface error karena virus atau malware lainnya, seperti yang penulis alami baru-baru ini. Command prompt, network and sharing center, bahkan list wifi yang tersedia tidak muncul sehingga penulis tidak mampu melakukan koneksi ke wifi dan mengakses internet! Penulis menggunakan laptop Toshiba dengan OS Windows 8.

Setelah percobaan dan pencarian panjang, juga berkat dukungan rekan-rekan sekalian, akhirnya penulis menemukan cara untuk terkoneksi dengan wifi tanpa melalui interface biasa.

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, jalankan command prompt dengan cara klik tombol start, pilih run, lalu ketik cmd, atau pilih all program dan cari command prompt

Kedua, ketika layar command prompt sudah terbuka, ketik netsh, enter

Lalu ketik wlan dan enter lagi.

Kemudian, untuk melakukan koneksi ke wifi perlu diketahui nama wifi yang diinginkan. Bila sudah tahu, ketik connect name="namawifi" lalu enter.

Jika ingin terkoneksi dengan wifi yang SUDAH pernah terhubung sebelumnya, ketik show profiles lalu enter. Setelah muncul profilenya, pilih satu (misalnya, viorijade) lalu ketik connect name="viorijade" dan enter.



Jika ingin mengetahui daftar wifi yang terdeteksi saat itu, ketik show network lalu enter. Selanjutnya, lakukan hal yang sama seperti pada poin di atas.


Bagaimana? Semoga membantu! :D


1 komentar:

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates