Jumat, 27 Januari 2012

Rahasia dibalik Monas

Fakta Tentang Monas

Siapa sih yang tidak tahu Monas? Lambang kota Jakarta ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita (walau saya sendiri belum pernah masuk, cuma di tamannya, tapi yang penting tahu!). Mungkin selama ini pengetahuanmu tentang Monas hanya sepintas lalu saja. Berikut mungkin fakta tentang Monas yang belum kamu ketahui:
  1. Monas terinspirasi dari salah satu obelisk Luxor yang sangat ternama, di Place de la Concorde, Paris.
    Saat Ir. Soekarno menginap di Paris, ia pun mengagumi tugu ini sehingga menjadi inspirasi dalam pembuatan Monas.

  2. Monas mulai dibangun pada bulan Agustus 1959. Keseluruhan bangunan Monas dirancang oleh para arsitek Indonesia yaitu Soedarsono, Frederich Silaban dan Ir. Rooseno. Pada tanggal 17 Agustus 1961, Monas diresmikan oleh Presiden Soekarno. Dan mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 12 Juli 1975.
  3. Makna dari bentuk Monas

  4. Emas di tugu Monas berasal dari Kab. Lebong, Prov. Bengkulu (dulu dikenal juga sebagai Batavia II). Tambangnya dikenal dengan nama lubang kacamata.
    Konon, pada zaman Belanda, ini adalah tambang emas terbesar. Bahkan Belanda mau menukar wilayah Singapore dengan Bengkulu milik Inggris.
  5. Ternyata, di Padangpanjang juga ada tugu yang mirip dengan Monas, seperti miniaturnya. Namun sayang keadaannya tidak terawat.Itulah LIMA fakta tentang Monas yang berhasil saya rangkum. XD


cheer XD

1 komentar:

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates