Kamis, 19 Januari 2012

Blackout, Wikipedia Tutup 24 Jam

Aksi Protes Wikipedia



Pada tanggal 18 Januari 2012, Wikipedia (versi bahasa inggris) sebagai situs ensiklopdia terbesar, menggelar aksi protesnya. Wikipedia menonaktifkan situsnya selama 24 jam mulai dari dini hari kemarin. Aksi blackout ini dilancarkan sebagai bentuk protes terhadap Stop Online Act (SOPA) dan Protect intellectual Properst Act (PIPA). SOPA adalah sebuah Rancangan Undang-Undang untuk menghentikan pembajakan secara online. Pemerintah Amerika Serikat dalam hal ini memiliki kewenangan untuk menindak situs-situs atau individu yang melanggar hak cipta. Wikipedia dan situs-situs raksasa lainnya macam Google jelas menolak penyensoran ini karena RUU ini bisa mematikan kreativitas dan inovasi pengguna internet.

Konggres SOPA yang dilaksanakan pada tanggal tersebut jelas gagal karena banyaknya protes dan telepon yang masuk dengan satu tujuan: menolak disahkannya RUU SOPA! Namun, SOPA dan PIPA jelas belum mati. Pemungutan suara untuk PIPA tetap dilaksanakan tanggal 24 Januari mendatang. Jika RUU ini disahkan, maka situs pengetahuan gratis seperti Wikipedia tentu tidak ada lagi.

RUU SOPA itu akan merugikan seluruh pengguna internet di dunia karena:
  1. Akan memblokir layanan iklan Online, seperti Google Adsense.
  2. Juga memblokir layanan pembayaran secara online, seperti Paypal.
  3. Yang terpenting, RUU ini akan memblokir situs mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing.
  4. Tindakan oleh penyedia layanan internet (ISP/Internet Service Provider) yang dapat pula memblokir akses ke situs yang melanggar SOPA ini.
  5. SOPA ini juga mengancam konten-konten streaming (Video, musik, dll) yang tidak diberikan hak kuasa oleh pemilik hak cipta untuk menindak pidana bagi individu yang melanggar.

Pada saat Wikipedia sedang blackout, justru membawa lebih banyak pengunjung ke situsnya. Sebagian besar pengunjung tertarik untuk mengunjungi halaman khusus yang menjelaskan mengapa situs tersebut tutup selama 24 jam. Padahal, sebenarnya pengujung tetap dapat melihat isi konten Wikipedia dengan mematikan javascript pada komputernya atau mengaksesnya lewat ponsel pintar dengan alamat http://en.m.wikipedia.org/. Wikipedia memang tidak sepenuhnya menutup semua kontennya, blackout dilakukan agar pesan tersebut dapat dibaca semua orang.


Video untuk SOPA





Walau banyak yang mendukung, ada juga yang menolak pemadaman wikipedia. Wikipedia dianggap tidak lagi netral. Bahkan CEO Twitter, Dick Costolo menggambarkan rencana Wikipedia untuk offline tersebut, sebagai hal yang bodoh dan konyol. Costolo, lewat akun twitternya mengatakan, "Itu konyol. Jika menutup bisnis global sebagai reaksi terhadap satu isu politik nasional adalah bodoh." Meskipun begitu, dalam percakapan selanjutnya dengan pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, Costolo mengklarifikasi komentarnya. Dia mengatakan, bahwa pernyatannya tidak ditujukan sebagai pertimbangan nilai, tentang organisasi lain yang terlibat dalam protes tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates