Sabtu, 19 November 2011

Definisi laptop, ciri-ciri laptop, perbandingan laptop dengan PC, fungsi laptop

Laptop, Perangkat Canggih Masa Kini

Laptop adalah sebuah komputer jinjing yang berukuran relatif kecil dan ringan. Beratnya berkisar antara 1-6 kilogram, tergantung ukuran dan material laptop tersebut. Sumber daya laptop beasal dari baterai yang bisa diisi ulang. Cara pengisiannya yaitu menggunakan adaptor A/C. Baterai dapat bertahan hingga 6 jam sebelum akhirnya habis dan harus diisi ulang. Karena menggunakan daya baterai, laptop dapat dibawa kemana-mana. Oleh karena itu, laptop kerap kali disebut sebagai komputer pribadi yang portabel.

Laptop berbentuk persegi panjang dan berbentuk seperti buku. Laptop dapat dibuka hingga membentuk sudut 90o. Ada dua bagian laptop yaitu bagian layar tampilan dan bagian papan tombol. Bagian yang tegak adalah layar penampil sedangkan bagian yang mendatar mencakup papan tombol dan layar sentuh. Layar sentuh digunakan untuk menggerakan kursor yang berada di layar penampil. Slot-slot untuk USB dan juga CD-rom terletak di bagian kiri dan kanan laptop. Selain itu, ada beberapa laptop yang dilengkapi dengan fitur kamera. Jangan bayangkan kamera konvensional yang besar dan berat. Pada laptop, yang dimaksud dengan kamera adalah lensa berdiameter sekitar 5 mm yang terletak di atas layar penampil. Kamera ini dapat digunakan untuk memotret atau camcorder yaitu untuk berkomunikasi jarak jauh lewat jaringan internet secara langsung seakan-akan sedang bertatap muka.

Lain halnya dengan PC ( Personal Computer). Jika dibandingkan dengan PC, laptop memiliki beberapa keunggulan. Pertama, laptop bisa dibawa kemana saja, sedangkan bentuk PC yang besar dan memiliki banyak perangkat tidak memungkinkan PC untuk dijinjing. Kedua, laptop tidak memerlukan banyak perangkat sedangkan PC memerlukan monitor, papan ketik, tetikus, dan UPP (Unit Pengolah Pusat). Jika satu perangkat saja dihilangkan, maka, PC tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika dilihat dari sisi berat dan kebutuhan ruang, tentunya laptop merupakan komputer pribadi yang ideal. Namun, jika dilihat dari sisi harga, PC-lah yang lebih murah. Selain itu, kemungkinan PC untuk rusak lebih kecil dibandingkan laptop. Lalu, kemungkinan laptop untuk hilang atau dicuri lebih besar karena harganya yang mahal dan mudah dibawa.

Pada umumnya, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer kebanyakan. Fungsi laptop antara lain untuk membuat tugas-tugas. Tugas-tugas seperti membuat makalah, membuat presentasi, atau mengetik biasa.Laptop dapat digunakan untuk menyimpan data hingga 33,6 GB. Jika ingin mengetik dan mengolah data, kita dapat menggunakan perangkat lunak yang telah disediakan seperti Microsoft Word, AbiWord, KWord, WordPerfect, WordPad, StarOffice Writer, dan lainnya. Untuk membuat grafik, tabel, atau mengolah angka, dapat menggunakan Microsoft Excel, Kspead, Borland, Lotus Jazz, Lucid 3D, Quattro, Visicalc, dan masih banyak perangkat lunak lainnya.

Jika membutuhkan data-data dalam tugas yang sedang dikerjakan, kita dapat mencarinya lewat jaringan internet.Tak hanya untuk mengerjakan tugas, laptop juga dapat digunakan untuk hiburan. Kebanyakan laptop dilengkapi dengan fitur permainan. Permainan ini dapat dimainkan tanpa menggunakan koneksi internet. Namun, jika tidak disediakan permainan di laptop, tak perlu khawatir. Jika laptop sudah memiliki koneksi dengan internet maka anda bisa memainkan permainan dalam jaringan (daring). Saat ini, banyak permainan daring yang beredar di internet. Untuk menjelajah internet, perangkat lunak yang dapat digunakan antara lain Mozilla Firefox, Internet Exploler, Chrome, Opera, dan lain sebagainya.

Semoga informasi ini memperkaya pengetahuan pembaca sekalian.

2 komentar:

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates