Minggu, 19 Agustus 2012

Fiksi Lotus : Kumcer Klasik Online

Baru-baru ini saya mendapatkan tugas resensi buku dari sekolah. Untuk memenuhinya, tentu saya harus mencari contoh-contoh resensi buku dong? Nah, setelah keliling-keliling puluhan halaman, ketemu lah halaman menarik ini.



Fiksi Lotus merupakan sebuah laman yang berisikan kumpulan fiksi pendek klasik dunia. Situs yang dikelola seorang penulis Indonesia ini, Maggie Tiojakin, didesain dengan simple namun apik. Kumpulan cerpen di Fiksi Lotus merupakan karya-karya fiksi pendek klasik yang 'dirangkai' oleh penulis mancanegara. Karya-karya tersebut telah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia sehingga kita sebagai pembaca dari Indonesia dapat turut menikmati karya-karya mereka.

‘Karya Klasik’ di Fiksi Lotus berpotensi mengubah hidup atau perspektif pembacanya. Karya tersebut dapat mengubah cara kita memandang dunia hingga akan selalu lekat di kepala, juga di hati. Oleh sebab itu, fiksi pendek yang ditampilkan di sini bisa saja baru diterbitkan tahun lalu, atau dua hari lalu atau seabad lalu — karena karya klasik adalah karya yang tak mengenal waktu.[1]



Buku kumpulan cerita pendek klasik yang diambil dari situs tersebut, FIKSI LOTUS: Vol. 1 (Gramedia Pustaka Utama, 2012) kini telah hadir di toko-toko buku terdekat Anda. Buku ini berisi 14 cerpen klasik pilihan karya penulis mancanegara yang telah diterjemahkan. 14 cerpen tersebut antara lain:
~TEKA-TEKI – Walter De La Mare
~RAMUAN CINTA – John Collier
~SANG AYAH – Bjornstjerne Bjornson
~PEMBERIAN SANG MAGI – O Henry
~MENEMBUS BATAS – Saki
~DILEMA SANG KOMANDAN – Stephen Crane
~PERSINGGAHAN MALAM – Ernest Hemmingway
~GEGAP GEMPITA – Anton Chekov
~CHARLES – Shirley Jackson
~DERING TELEPON – Dorothy Parker
~PESAN SANG KAISAR – Franz Kafka
~REPUBLICK – Naguib Mahfouz
~MENJELANG FAJAR – Jean-Paul Sartre
~KALUNG MUTIARA – W.Somerset Maugham
Resensi mengenai buku tersebut dapat dibaca di sini

Beberapa dari cerpen tersebut dapat diintip versi daring (online) nya di situs Fiksi Lotus yakni fiksilotus.com/arsip/

Dari semua cerpen yang telah saya baca di Fiksi Lotus, yang paling menarik menurut saya adalah Dering Telepon, Pesta Makan Malam, dan Lotere.

Selamat membaca!

0 komentar:

Posting Komentar

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates