Kamis, 04 April 2013

Windows 8 Update Error? Berhenti Loading?

Apa laptop baru Anda yang menggunakan Operating System Windows 8 tiba-tiba menampilkan layar 'Configuring Windows Update' dengan tulisan 'Do Not Turn Off Your Computer'? Lalu tiba-tiba loadingnya berhenti, di angka 12%, 13%, 14%, atau 15%? Atau malah muncul layar bertuliskan


Untuk kasus pertama (berhenti loading) ada beberapa cara yang dapat Anda coba.
1. Pengalaman pribadi
Berdasarkan penalaman pribadi saya, ketika loading stuck di 15%, saya mencoba untuk mematikan paksa (force shut down) komputer yaitu dengan menekan tombol shut down. Lalu, ternyata setelah dinyalakan, masih muncul layar yang sama. Akhirnya saya force shutdown lagi dan mencabut kabel listriknya (saya tidak menggunakan baterai) lalu mencoba menyalakan lagi. Masih muncul layar configuring yang sama, namun kali ini, ketika loading mencapai 35%, laptop saya mencoba restart otomatis. Setelah itu, muncul layar configuring (lagi) namun kali ini loadingnya cukup lancar dan akhirnya laptop dapat digunakan seperti biasa. Jadi, cara pertama: Force Shut Down, Cabut / Hentikan Aliran Listrik Baik Dari Kabel Atau Baterai, Coba Nyalakan Kembali.
2. Dari answer.microsoft.com
Di sini disebutkan bahwa ada dua tipe hang dalam Configuring Windows Update: berhenti loading dan tidak bisa masuk safe mode selama satu jam atau lebih, atau berhenti loading namun masih bisa masuk safe mode. Untuk kasus pertama, sayangnya ini berarti laptop Anda harus mengalami perbaikan. Bawalah ke toko tempat Anda membeli. Untuk kasus kedua, ada hal yang dapat Anda lakukan:
Masuk menggunakan Safe Mode (Shift+F8, tekan berulang kali hingga masuk)
Masuk ke Control Panel (search -> control panel)
Klik System and Security
Klik System
Klik Device Manager
Unistall IDT high definition audio CODEC
3. Dari answer.microsoft.com
Beberapa tips untuk mencegahnya:
Pasang antivirus
Install KB2771431 (lihat di http://support.microsoft.com/kb/2771431)
Install KB2756872 (lihat di http://support.microsoft.com/kb/2756872)

Untuk kasus kedua, munculnya tulisan 'Error: Failure configuring Windows updates. Reverting changes. Do not turn off your computer when you try to install Windows Updates', lakukan langkah berikut:
Restart komputer
Jalankan Windows Update Troubleshooter (search)
Pilih System Restore, selengkapnya lihat http://support.microsoft.com/kb/949358

Semoga berhasil!

2 komentar:

  1. dengan cara ke-1, apa bisa login masuk ke tampolan windows8.. ? teman saya memiliki masalah seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya dulu sih bisa, jadi windows updatenya yg waktu itu stuck di 15% setelah di cabut baterai langsung lanjut ke 30%, 40%, dst hingga selesai. semoga bisa segera benar ya, oh ya sebaiknya kalau sudah berhasil masuk, windows updatenya dinonaktifkan saja lewat control panel>system and security>windows update>change setings>never check for updates atau pilih yang lain sesuai kebutuhan :)

      Hapus

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates