Jumat, 25 Januari 2013

Kusudama Ball Tutorial

Kusudama adalah sebuah bola kertas yang seringkali dibuat dari kumpulan origami dengan bentuk yang sama yang kemudian dirangkai dengan lem menjadi satu kesatuan yang berbentuk bola. Walau sering disebut sebagai 'Japannese Ball Origami' atau 'Origami Bola Kertas', kusudama tidak dapat dimasukkan kedalam kelompok origami karena menggunakan lem dalam pengerjaannya. Selain itu, origami biasanya hanya dibuat menggunakan satu kertas, sedangkan untuk membuat sebuah kusudama diperlukan 60 kertas persegi yang kongruen.

Kusudama kebanyakan dibuat dari 12 rangkaian bunga kertas yang masing-masing terdiri dari 5 kelopak. Namun, ada juga jenis lain dengan bentuk yang beraneka ragam. Yang akan kita buat kali ini adalah kusudama kebanyakan, yang terbuat dari 12 rangkaian bunga berkelopak lima. Gambar dari tutorial ini saya dapat dari http://foldingtrees.com/2008/11/kusudama-tutorial-part-1/ dan http://foldingtrees.com/2008/11/kusudama-tutorial-part-2/ Thank you very much! :D


Pertama, ambil kertas persegi (tak perlu kertas origami, kertas bekas majalah juga boleh) lalu lipat menjadi segitiga seperti gambar di atas.
Lipat kedua ujungnya ke arah tengah seperti gambar
Lipat ujung tadi separuh ke arah luar seperti di atas
Buka celah yang ada lalu ratakan. Lakukan pada keduanya
Lipat segitiga yang berada di ujung ke arah dalam seperti gambar kiri, lalu lipat separuh ke arah tengah. Ini akan menghasilkan tiga putik. Bisa juga membuat satu putik dengan cara di bawah.

Beri lem pada salah satu sisi lipatan, lalu rekatkan kedua lipatan sehingga membentuk kelopak bunga. Ulangi sebanyak lima kali untuk membuat satu bunga. 
 
Buat sebanyak 12 bunga untuk membuat satu bola.
Ambil dua buah bunga, beri lem pada salah satu kelopaknya.
Rekatkan dengan bunga lainnya. Ulangi hingga membentuk setengah bola dari 6 buah bunga.
Ambil tali lalu rekatkan pada bagian tengah salah satu belahan bola.
Rekatkan kedua belahan sehingga menjadi sebuah bola. Selesai! Kusudama dapat dijadikan hiasan untuk pintu rumah atau untuk dekorasi pohon natal. Bisa juga dijadikan hadiah.
Ini contoh kusudama dari kertas majalah buatan saya :p







1 komentar:

  1. wahh.. kreatiff bgt gann.. lanjutkan
    di tunggu update tannya gann

    BalasHapus

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates