Kamis, 27 Maret 2014

Sharp Takumi Factory: Pabrik Futuristik ala Sharp!

Genap tiga puluh senja gugur tanpa kehadiranmu. Kau yang melipur laraku, menoreh segaris senyum tatkala benak ini keruh. Suaramu, warnamu, sinarmu, semua tentangmu buatku merana merindu. Namun kau kini telah beku, mati, tanpa nyawa. Tiga puluh enam bulan yang terasa seperti sekejap mata, bersamamu. -Mengenangmu, Televisi-

Huh, sebel deh! Masa beli televisi, belum genap tiga tahun (harusnya ganjil ya? hehe) udah wassalam gitu aja! Padahal, bukan sembarang merek loh, televisi ini merek ternama yang terkenal (katanya) tahan lama. Tapi, tetap saja kenyataan yang pahit ini menghapus segala rumor tentangnya. Iri deh dengar teman-teman yang televisinya masih awet, bahkan hingga tiga generasi. Kutilik-tilik, eh ternyata mereknya Sharp! Langsung kulirik kulkas butut yang ada di rumah mamaku, ternyata Sharp juga! Kulkas pertama yang mama beli dari hasil gaji pertamanya itu masih awet muda. 





Merek Sharp pasti sudah tidak asing lagi di benak, bahkan hati teman-teman. Brand kebanggaan Jepang ini telah hadir di 26 negara untuk memenuhi kebutuhan peralatan elektronik masyarakat. Oh ya, apakah teman-teman tahu bahwa pertama kalinya Sharp itu adalah merek sebuah pensil? Yup, pensil Sharp Ever-Ready buatan Tokuji Hayakawa di tahun 1915 inilah yang mengawali jalan panjang Sharp. Keren ya!



Kebutuhan pasar yang terus menanjak membuat brand pilihan sejuta umat ini terus berinovasi dan mengembangkan sayapnya. Setelah mewarnai khazanah elektronik Indonesia lewat pabrik pertamanya di Pulogadung, kini Sharp kembali hadir dalam bentuk Sharp Takumi Factory di Karawang! Pabrik seluas 31 hektar yang diresmikan 12 Februari lali ini memiliki kapasitas produksi lemari es sebanyak 220 ribu unit per bulan dan produksi mesin cuci 140 ribu per bulan. Lemari pendingin ukuran kecil dan menengah juga mesin cuci dua tabung hasil produksi pabrik ini dikonsentrasikan 80 persen untuk kebutuhan domestik dan 20 persen untuk ekspor. Dengan demikian, diharapkan tahun depan sebesar 58 persen untuk mesin cuci dan 42 persen untuk lemari es.



Apa sih yang beda dari pabrik ini? Bukannya sama aja ya kayak pabrik-pabrik biasa? Eits, tunggu dulu! Ini BPB alias bukan pabrik biasa!

”Pabrik baru dengan konsep kualitas Takumi, Sharp memasuki tahap baru untuk semakin memperkokoh posisinya di Indonesia," ujar Fumuhiro Irie,  Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia.  

Pasti ada yang bertanya-tanya, apa itu Takoya... eh, eh, Takumi! Hampir aja salah ketik (laper.com). Takumi berasal dari bahasa Jepang berarti ‘ahli’. Takumi merupakan orang-orang terlatih dan mahir dalam melakukan hal-hal yang mendekati kesempurnaan, yang berangkat dari semangat keinginan untuk menghasilkan karya terbaik, yang hanya dapat dilakukan oleh manusia. Di Jepang, Takumi selalu menjadi panutan dalam melakukan setiap pekerjaan. Mereka selalu ingin mempersembahkan karya terbaik. Contohnya dalam pembuatan sebuah pedang. Mulai dari pemilihan bahan, hingga penyelesaian dibutuhkan kecermatan mendalam untuk menghasilkan pedang terbaik. Wah, prinsip Takumi bisa juga nih teman-teman terapkan, misalnya untuk nilai ulangan tuh biar bisa mendekati kesempurnaan, hehe. Maka dari itu, pabrik baru ini dilengkapi dengan teknologi canggih dan tenaga kerja yang yang ahli untuk menghasilkan produk dengan ‘Kualitas Takumi’. 



Calon-calon Takumi dari 26 negara mendapatkan pelatihan di Jepang dari para Takumi Sharp Corporation. Di sana mereka akan membuktikan kompetensi baik itu di bidang produksi, pengembangan mutu, hingga distribusi. Karyawan berpotensi akan terus dilatih untuk melahirkan para Takumi baru yang merupakan kepanjangan tangan dari para Takumi Sharp Corporation, untuk memastikan produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas tinggi.

Sharp Takumi Factory Video 





Ada lagi nih yang unik dari Sharp Takumi Factory. Desain dan fasilitas pabrik sangat hijau. Baik secara harafiah yang dapat dilihat dari rimbunnya pohon, rumput, dan tanaman lain sebagai pemanis ruang terbuka hijau pabrik, maupun secara nonharafiah yang ditunjukkan lewat penggunaan panel surya, peminimalan penggunaan lampu dengan Skylight Roof serta pendingin ruangan dengan mengandalkan sirkulasi udara yang baik. Tidak hanya pabriknya saja yang hijau, produknya juga tak mau ketinggalan. Produk Sharp merupakan produk hemat energi, bahkan dikembangkan juga produk penghasil energi. Ada juga Production Control System yang otomatis memantau proses produksi. Uniknya, terdapat Automated Guided Vhicle (AGU) untuk pemindahan barang dari gudang ke bagian produksi secara otomatis. Serasa jalan-jalan ke masa depan deh kalau melihat teknologi canggih di pabrik ini!

Fasilitas pabrik ini bisa dikatakan cukup nyentrik juga. Fasilitas standar seperti Kantin, Koperasi, Showroom mungkin sering ditemui di pabrik biasa. Tapi, sudah saya katakan kalau ini BPB! Disediakan juga Klinik Kesehatan, Masjid, dan Lapangan Sepak Bola! 

Serunya, Sharp Takumi Factory terbuka untuk umum alias menerima kunjungan! Jadi, anggap saja tetangga sendiri. Kalau ingin berkunjung, cukup ajukan permohonan lewat form yang disediakan di situsnya yakni http://www.sharp-indonesia.com/karawangfactory/pages/factory-visit. Untuk tujuan study tour sekolah juga oke loh!

Wah, udah ngebet pingin main ke pabriknya? Atau mimpi dapet produk gratisnya? Wah, ternyata mimpi bukan bunga tidur lagi tapi jadi kenyataan berkat event blog contest dari Sharp! Cek disini ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Feel free to drop your comment.. Thanks! :D

 

Celoteh si Devi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates